Sejarah Singkat Dan Perkembangan Youtube

Sejarah Singkat Youtube

Jika Anda senang menonton video, tentu sudah tidak asing dengan YouTube bukan?

Namun sebagai pengguna apakah Anda pernah mencari tahu mengenai bagaimana proses pembuatan Youtube dilakukan?

Sejarah yang dimilikinya atau bahkan perkembangannya hingga saat ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simaklah penjelasan singkat berikut ini.

Apa itu YouTube?

YouTube dikenal sebagai situs video sharing yang tentunya digunakan untuk saling berbagi informasi dengan menggunakan video.

Sejarah serta perkembangan YouTube

Situs yang satu ini didirikan oleh seorang mantan dari pekerja PayPal yaitu Chad Hurley, Steve Chen serta Jawed Karim yang dilakukan tahun 2005 lalu.

Namun memasuki tahun 2006, YouTube mulai beralih menjadi hak milik Google hingga saat ini.

Untuk sebagian besar konten video yang ada di dalam YouTube umumnya diunggah secara individual oleh orang-orang tertentu saja.

Namun ada pula beberapa pihak dari perusahaan besar yang juga menayangkan beberapa materi yang dimilikinya dalam situs tersebut dengan bentuk kerja sama yang telah dilakukan.

Situs ini pertama kali didirikan karena sebuah ide yang muncul dari Chen serta Hurley yang memang sedikit kesulitan dalam membagikan video.

Sementara itu, YouTube menjadi startup dalam bidang teknologi setelah keberadaannya yang mampu menarik investasi dari Sequola Capital dengan jumlah USD 11,5 juta.

Sementara itu, untuk video pertama yang diunggah pada media tersebut dikenal dengan judul Me At The Zoo.

Dalam video tersebut terlihat dari salah satu pendiri YouTube itu sendiri yang tengah melakukan aktivitasnya di sebuah kebun binatang dI kawasan San Diego.

Video itu sendiri diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan tentunya masih dapat Anda lihat di chanel YouTube hingga saat ini seperti pada video di bawah ini.

Memasuki tahun 2009, YouTube menggelar acara utama untuk peluncuran resolusi tampilan video yang lebih tinggi, sehingga masyarakat dapat menikmatinya dengan lebih jernih.

Sedangkan tahun 2010, YouTube mulai diperkenalkan dengan beragam jenis iklan.

Kemudian pada tahun 2011,

Youtube mengalami perbaikan pada berbagai macam bagian yang dimilikinya secara besar-besaran dan setelah perbaikan tersebut selesai muncullah video dengan tayangan terbanyak hingga mencapai angka satu miliar yaitu tayangan dari video Psy dengan judul Gangnam Style.

Dari tayangan tersebut banyak orang yang kemudian memanfaatkan YouTube untuk menyimpan berbagai macam video termasuk di antaranya video game di dalamnya. Bahkan beberapa di antaranya ada yang mengandalkan pembuatan vlogger untuk mendapatkan penghasilan darinya.

Karena itulah sejak tahun 2012 lalu, YouTube masuk dalam daftar perusahaan multi miliar dolar dengan penghasilan berlimpah dan berada pada posisi yang tinggi pula.

Untuk saat ini hampir 5 miliar video selalu ditonton setiap harinya dengan jumlah pengguna yang mencapai angka 1,3 miliar serta jumlah proses unggahan video yang mencapai 300 jam dari video yang diunggah setiap menitnya.

Manfaat YouTube dalam kehidupan sehari-hari

Manfaat YouTube dalam kehidupan sehari-hari tentunya berkaitan dengan pembagian informasi termasuk berita dan hal bermanfaat lainnya yang dapat Anda temukan dengan mudah darinya dalam bentuk video.

Sedangkan manfaat lainnya adalah menggunakannya sebagai alat atau media hiburan.

Itulah kiranya penjelasan singkat terkait masalah YouTube, sejarah serta perkembangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here