Sejarah Lengkap dan Perkembangan Internet dari Masa ke Masa

Sejarah Lengkap Internet

Mendengar atau membaca kata “Internet” pasti tidak asing lagi bagi kita.

Sekarang ini Internet menjadi bagian penting bagi kehidupan hampir semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa bahkan juga para lansia sudah tak asing lagi dengan itu.

Bahkan jika ditanya satu persatu, “apa itu internet?” Kita masing-masing pasti dapat menjelaskan tentang internet sesuai dengan manfaat yang kita dapat.

Sampai saat ini, hampir semua aspek kehidupan kita sehari-hari mengandalkan internet.

Dalam urusan pekerjaan, pendidikan, hubungan sosial atau pun sekedar hanya mencari hiburan seperti menonton video, mendengarkan musik atau main game online, semuanya itu banyak mengandalkan internet dalam penggunaannya.

Bahkan banyak juga yang memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang.

Saking pentingnya internet bagi kita, sebagian dari kita bahkan rela lebih memilih membeli kuota data internet dibanding membeli makan siang.

Karena akan sangat menyulitkan jika tidak ada internet, misalnya kita tidak bisa update status, buat story, main game online, dan yang mungkin lebih mengerikan yaitu kita tidak bisa memberi kabar ke pacar atau tidak bisa stalking profil media sosial mantan pacar kita.

Meskipun kini istilah internet tidak asing lagi bagi kita, apa lagi bagi kaum milenial yang lahir saat internet sudah eksis, terkadang mungkin akan bertanya-tanya siapa sih otak dibalik adanya internet sekarang ini?

Kini artikel ini hadir untuk membahas secara lengkap awal mula serta perkembangan internet dari masa ke masa.

Apa Itu Internet?

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik misalnya komputer atau sekarang yang banyak menggunakan smartphone dengan media yang lainnya secara efisien.

Dengan adanya Jaringan komunikasi ini, seseorang dapat dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan meskipun informasi tersebut berasal dari belahan dunia lainnya.

Bukan hanya itu internet sekarang ini bukan sekedar menghubungkan satu unit komputer dengan komputer lain tetapi manfaatnya tersebut mampu menghubungkan orang, komunitas, organisasi, dll dengan begitu mudah.

Dengan sebuah istilah yang sudah tren sekarang ini yaitu “Internet Of things”, internet bukan sekedar menghubungkan komputer dengan komputer atau menusia dengan manusia saja. tetapi internet dapat menghubungkan segalanya.

Sejarah dan Perkembangan Internet

Informasi populer dipercaya bahwa internet dimulai pada tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk jaringan komputer melalui proyek lembaga ARPA (Advanced Research Project Agency).

Jaringan komputer yang mereka kembangkan tersebut diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang kala itu dibuat dengan mengkombinasikan software dan hardware pada komputer yang berbasis UNIX.

Awalnya pengembangan jaringan ARPANET dilakukan untuk kepentingan militer AS yang pada akhirnya terus berkembang dan dikenal secara luas pada Tahun 1972 hingga semua universitas yang ada di Amerika ingin bergabung.

Sejarah internet dimulai lebih jauh dari itu

Tahun 1957

Melihat lagi jauh ke belakang sebelum tahun 1960an, bisa disebut zaman pra-sejarah internet, Terjadi sebuah peristiwa yang bisa dikatakan alasan adanya internet saat ini.

Peristiwa tersebut adalah persaingan penjelajahan angkasa antara Uni Soviet(sekarang Rusia) dan Amerika serikat yang secara kasar dimulai pada tahun 1957.

Peristiwa ini Akrab disebut “Perlombaan Antariksa”.

Perlombaan yang meliputi usaha mengeskplorasi luar angkasa dengan satelit buatan, mengirim manusia ke antariksa dan mendaratkan mereka di bulan ini, dimulai setelah Unisoviet meluncurkan wahana Luar angkasa Sputnik 1 pada 4 Oktober 1957.

Tahun 1958

Sebagai buntut dari “Kekalahan”nya dalam meluncurkan wahana luar angkasa, maka pada tahun 1958 Amerika Serikat membentuk sebuah badan dalam departemen Pertahanan Amerika Serikat yaitu ARPA.

Tujuan dari ARPA ini adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi Amerika Serikat, salah satunya peningkatan teknologi Komputer.

Munculnya Konsep Tentang Internet

Tahun 1960

Pada Tahun 1960, Seorang Psikolog dan Ilmuan Komputer asal Amerika bernama Joseph Carl Robnett Licklider lebih dikenal sebagai JCR atau “Lick” memperkenalkan sebuah istilah “Man-computer Symbiosis”(Simbiosis Komputer-Manusia) dalam karya ilmiahnya.

Lick mendefinisikan Istilah tersebut sebagai “jaringan komputer yang berfungsi sebagai perpustakaan, dilengkapi dengan teknologi penyimpanan dan pencarian Informasi.”

Selain itu, bersama dengan seorang ilmuan lainnya yang bernama Welden Clark, Lick menerbitkan karya ilmiah berjudul “ON-line Man-Computer Comunication”(Komunikasi manusia-mesin dalam-jaringan).

Dengan karya ini ia menjelaskan tentang bagaimana kehidupan manusia berubah dengan adanya jaringan komputer yang saling terhubung.

Ide tersebut dianggap menarik oleh kalangan ilmuan sehingga mendorong dilakukannya banyak penelitian serta pengembangan teknologi komputer terutama dalam hal jaringan komputer. Namun bersamaan dengan itu, masalah yang muncul selanjutnya adalah Bagaimana menyatukan jaringan fisik yang terpisah menjadi satu jaringan logis.

Masalah ini mendorong semakin banyaknya penelitian terhadap sistem jaringan.

Salah satunya dilakukan oleh seorang Insinyur Polandia-Amerika bernama Paul Baran, Bagian dari Rand Corporation, dalam rangka meneliti sistem jaringan Militer AS, Baran merancang sebuah sistem jaringan yang mampu bertahan dalam kondisi bahaya misalnya saat terjadi perang nuklir.

Sistem ini bekerja dengan membagi-bagi informasi yang melintas ke dalam bentuk yang lebih kecil yang disebut sebagai message-block(blog pesan).

Tahun 1962

Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1962 JCR. Licklider mendapat tawaran dari Jack Runia untuk bekerja di DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sebagai Direktur Informasi Processing Techniques Office(IPTO).

Ditahun itu Lick mengemukakan sebuah visi yang sangat menarik terkait dengan pengembangan jaringan komputer, dimana semua komputer diseluruh dunia dapat saling terkoneksi secara global dalam jaringan, sehingga tiap komputer mampu memberikan akses terhadap program, data maupun informasi.

Berdasarkan ide ini, RAND Corporation memulai riset tentang jaringan komputer terdistribusi untuk tujuan militer.

Packet Switching: Dasar utama untuk komunikasi data dalam jaringan diseluruh dunia

Telah disinggung sebelumnya, Paul baran bagian dari RAND Coorparation mengembangkan sebuah Sistem untuk menyederhanakan lalu lintas informasi.

Bermula dari Konsep Distributed Adaptive Message Block Witching yang bertujuan supaya semua lalu lintas dari setiap sirkuit asal di bagi menjadi blok kecil data/pesan (Message-blog).

Tahun 1965

Ditempat lain, pada tahun 1965 seorang peneliti independen Donal Davies juga mengembangkan Teknologi jaringan yang serupa.

Teknologi berbasis sistem yang ia beri nama packet-switching, hadir dengan berbagai kelebihan dibanding teknik-teknik sebelumnya, antara lain memiliki utilisasi pita jaringan yang lebih baik dan waktu respon yang lebih cepat dibanding sirkuit tradisional.

Selanjutnya Paul Baran bekerja sama dengan Tommy Krash melakukan riset lanjutan dengan memanfaatkan sistem Message Block yang dibuat Baran sebelumnya untuk memecah struktur router yang terpusat.

Struktur router terpusat, rentan terhadap kerusakan yang efeknya dapat mengganggu keseluruhan sistem.

Donal Davies dan Paul Bran memiliki gagasan yang sama tentang Packet swiching ini.

Namun para pengembangan ARPANET(yang menjadi cikal bakal internet) pada simposium tentang prinsip sistem operasi pada Oktober 1967 justru Tertarik dengan Packet swiching karya Davies.

Meskipun datang dengan gagasan yang sama dengannya, Baran justru dengan senang hati mengakui gagasan Davies tersebut.

Itu ditunjukannya dalam surel yang dia kirimkan ke Davies, dia menulis “ Anda dan saya memiliki pandangan yang sama tentang pengalihan paket(Paket Swiching), karena Andan dan saya secara independen menghasilkan gagasan yang sama”.

ARPANET: Cikal Bakal Internet

Pada Tahun 1964 Licklider keluar dari IPTO, visi tentang jaringan universal yang diajukan olehnya, berujung pada ARPANET Lima Tahun kemudian.

Tahun 1969

Sebagai Keperluan militer, Lembaga ARPA merilis sebuah proyek pengembangan jaringan pada tahun 1969.

Proyek yang dinamakan Jaringan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dimana jaringan tersebut dikembangkan sebagai upaya untuk menghilangkan kemungkinan hancurnya informasi/data apabila terjadi perang, misalnya perang nuklir.

Dengan adanya ARPANET, memungkinkan informasi atau data yang awalnya terpusat pada satu titik disimpan di beberapa titik yang saling terhubung dalam jaringan ARPANET.

Awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969.

Tahun 1971

Sejak peluncurannya pada tahun 1969 Anggota jaringan ARPANET terus mengalami peningkatan dimana komputer untuk riset milik pemerintah AS dan universitas disana ikut dihubungkan pada jaringan tersebut, sehingga yang awalnya hanya 4 node komputer yang terhubung, pada tahun 1971 meningkat kurang lebih 6 kali lipat menjadi 23 buah node komputer.

Bukan hanya itu, Layanan ARPANET semakin ditingkatkan dengan disempurnakannya program email yang diciptakan oleh Ray Tomlinson setahun lalu.

Penggunaan e-mail begitu disambut baik oleh para penggunanya kala itu ditambah dengan kemudahan dalam menggunakan fasilitas tersebut, tidak butuh waktu yang lama untuk e-mail menjadi program yang populer. Pada tahun ini mulai diperkenalkan ikon “@” untuk menandakan “at” atau “pada”.

Tahun 1972

Pada Tahun 1972 untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer termasuk diantaranya internet, maka dibuatlah sebuah kelompok kerja yang disebut Internasional Network Working group(INWG).

Dimana pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang sekarang dikenal sebagai “Bapak Internet”.

Pada Bulan Oktober 1972, ARPANET mulai diperkenalkan secara umum dan disambut antusias.

Pada Bulan Oktober 1972, ARPANET mulai diperkenalkan secara umum dan disambut antusias. Hingga dalam rentang waktu 2 tahun, banyak layanan basis data komersial ikut mendaftarkan dirinya di jaringan ARPANET.

Layanan basis data komersial yang terdiri diantaranya seperti SDC Orbit, The New York Times Databank dan Lexis serta Dialog ini, Mendaftar melalui jaringan dial up.

Tahun 1973

Pada 1973 Jaringan ini mulai dikembangkan diluar amerika serikat dimulai saat masuknya universitas diluar amerika serikat.

Saat itu, Komputer University College of London merupakan komputer pertama dari luar amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET diikuti oleh Royal Radar Establishment di Norwegia.

Tahun 1974

Pada bulan mei 1974, Vinton G. Cerf(Vint Cerf) dan Robert E. Kahn (Bod Kahn) mempublikasikan sebuah artikel Berjudul “A Protocol for Packet Network Interconnection”.

Dalam artikel tersebut, vint Cerf dan Bob Kahn Sebagai penulis menjabarkan sebuah protokol interkoneksi untuk berbagi layanan dengan memanfaatkan pertukan paket antara node jaringan yang terhubung.

Artikel ini menjelaskan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol(TCP).

Tahun 1975

Pada Tahun 1975 Bolt, Beranet & Newman(BBN) yang merupakan kontraktor untuk ARPANET membuat sebuah versi komersial dari ARPANET yang disebut sebagai Telenet ketika itu Telenet menjadi layanan paket data publik pertama didunia.

Tahun 1977

Di tahun 1977 komputer yang tergabung dan telah membentuk jaringan di ARPANET mencapai 111 komputer.

Tahun 1978

Pada Tahun 1978 Protokol TCP dipecah kedalam arsitektur modular yang terdiri atas Transmission Control Protocol(TCP) pada lapisan terorientasi dan protokol Internet pada lapisan datagram.

Model inilah yang selanjutnya dikenal dengan istilah TCP/IP, yang secara formal istilah yang digunakan adalah Paket Protokol Internet.

Tahun 1979

Pada Tahun 1979 Mahasiswa paska sarjana bernama Tom Truscott dan Jim Ellis menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. USENET merupakan sistem diskusi internet yang terdistribusi secara global.

USENET memungkinkan para penggunanya dapat membaca maupun mengirim pesan apa pun ke satu kategori atau lebih yang kemudian disebut newsgroup. Kala itu pengguna USENET meningkat secara drastis.

Tahun 1980

Di tahun Tahun 1980, Anggota ARPANET telah mencapai 213 host yang terhubung. Di tahun ini pula Personal Computer (PC) begitu mewabah dan menjadi bagian dari hidup banyak orang.

Tahun 1981

Pada musim semi 1981, Ira Fuchs dari University of New York (CUNY) dan Greydon Freeman dari Yale University memulai layanan BITNET.

BITNET merupakan jaringan akademik yang diciptakan untuk menghubungkan kampus-kampus yang ada. pada awalnya jaringan pertama yang terhubung adalah antara CUNY dan Yale.

BITNET menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Proctocol(FTP).

Di tahun yang sama, para ilmuan dan pakar dibidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation dan BBN, dengan mendapatkan dukungan dari National Sciene Fondation (NSF) membangun CSNET(Computer Science Network).

Tujuan dibuatnya CSNET adalah sebagai perluasan jaringan agar departemen ilmu komputer di lembaga akademik dan penelitian yang tidak bisa terhubung langsung ke ARPANET karena keterbatasan dana maupun otoritas, turut mendapatkan manfaat dari jaringan.

Sama seperti BITNET, CSNET juga menyediakan layanan email.

Tahun 1982

Pada Tahun 1982, Komputer yang membentuk jaringan sudah semakin banyak sehingga dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui oleh semua jaringan.

Sehingga pada tahun tersebut dibentuklah Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.

Ditahun ini istilah “Internet” pertama kali digunakan dan name server mulai dikembangkan. Dengan dikembangkannya Name server, ini memungkinkan para pengguna Internet dapat terhubung dengan sebuah host tanpa perlu tahu jalur pasti menuju host tersebut.

Sepanjang tahun 1982 telah tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergantung ke internet.

Tahun 1983

Pada 1983 pengguna ARPANET Sudah semakin banyak mengakibatkan ARPANET kesulitan dalam mengaturnya oleh sebab itu di tahun ini, ARPANET dipecah menjadi dua yaitu “MILNET”yang dikhususkan untuk keperluan militer dan “ARPANET” Baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer.

Gabungan dari kedua jaringan ini dikenal dengan nama DARPA Internet, yang selanjutnya disederhanakan menjadi INTERNET.

Tahun 1986

Pada Tahun 1986 diperkenalkan sistem nama domain atau DNS(Domain Name System). DNS berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer. Secara sederhana seperti ini: Komputer hanya mengenali IP Address.

Dengan DNS pengguna internet cukup mengingat www.google.com karena DNS nanti yang akan menerjemahkannya menjadi 173.194.38.165 dan kemudian diakses oleh komputer pengguna.

Tahun 1987

Pada Tahun 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan internet melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.

Tahun 1990

Tahun 1990 menjadi tahun yang paling bersejarah, dimana program editor dan browser dibuat dan diperkenalkan oleh Tim Berness Lee.

Program ini lah yang sekarang di kenal dengan world wide web (www).

Program “www” ini memungkinkan pengguna menjelajahi setiap komputer yang membentuk jaringan.

Tahun 1991

Program editor dan browser (www) yang dibuat Tim Bernes secara resmi digunakan secara luas pada jaringan INTERNET hingga Sekarang.

Internet di Indonesia

Sebelumnya kita telah membahas begitu jauh kebelakang awal mula munculnya internet di dunia yang dimulai oleh Amerika Serikat buntut dari kekalahan terhadap Uni Soviet saat itu.

Sekarang, bagaimana dengan perkembangan internet di Indonesia?

Tentu kita akan menjadi penasaran tentang kapan internet masuk ke Indonesia.

Apa lagi kita tahu sekarang ternyata pengembangan internet itu ternyata telah dimulai sejak tahun 1960an. Bagaimana dengan di Indonesia?

Internet di Indonesia telah ada sebelum Kaum Milenial Lahir

Awalnya, di Indonesia jaringan internet dikenal dengan nama “Paguyuban Network” yang berarti semangat Kerjasama atau gotong royong dan kekeluargaan yang hangat terasa antara para penggunanya.

Tercatat, orang pertama yang berhasil menghubungkan internet di Indonesia adalah seorang pakar komputer dan ekonomi bernama Joseph Luhukay pada tahun 1983 .

Ia mengembangkan jaringan UINet yang melibatkan 5 Universitas yang saling terhubung, Yaitu: Universitas Indonesia (UI), Universitas Terbuka (UT), Institut Teknolgi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Beliau kemudian mencetak prestasi dengan menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia yang terhubung dengan jaringan Internet Global ketika UINet Yang dikembangkan Luhukay resmi terhubung dengan jaringan internet global yang saat itu masih bernama UUNet pada tahun 1984.

Namun pada akhirnya jaringan ini tidak berkembang karena terdapat masalah pada kurangnya infrastruktur.

Pada Tahun 1986, muncul terobosan baru yang terinspirasi dari tulisan-tulisan awal pada kegiatan amatir radio khususnya di Amatir Radio Club (ARC) ITB. Belasan anak muda dari ITB diantaranya Harya Sudirapratama , J. Tjandra Pramudito, Suryono Adisoemarta bersama Onno W. Purbo berguru pada senior amatir radio seperti Robby Soebiakto, Achmad Zaini.

Mereka bersama mempelajari paket radio pada band 40m hanya dengan menggunakan pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 dan komputer Apple II.

Usaha mereka mempelajari paket radio pada band 40m terus didorong ke arah TCP/IP.

Teknologi radio paket TCP/IP tersebut kemudian diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI dan ITB selanjutnya menjadi tumpuan PaguyubanNET pada tahun 1992-1994.

Manfaat Internet

Semua pasti setuju bahwa internet telah menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia.

Bahkan sekarang ini akan sulit sekali rasanya untuk membayangkan bagaimana jadinya bila hidup tanpa internet.

Internet begitu dibutuhkan disetiap sendi kehidupan dalam hal apa pun internet begitu dibutuhkan.

Apapun!

Baik dalam pendidikan, bisnis maupun pekerjaan, dalam hubungan sosial maupun dalam hal mencari hiburan semata.

Dalam bagian ini, mari kita bahas bersama tentang apa saja manfaat dari internet.

Manfaat Internet bagi pendidikan

Sekarang ini dengan adanya internet cara untuk mendapatkan ilmu (proses belajar) bukan lagi hanya dapat kita lakukan dengan belajar secara formal, baca buku, datang ke tempat kursus, homeschooling lagi.

Dengan memanfaatkan internet melalui program pembelajaran online begitu memudahkan semua orang untuk mempelajari apa pun yang ingin dikuasai dengan begitu mudah.

Dengan melakukan beberapa langkah sederhana misalnya mengketikan keyword: e-learning, tutorial, how to, kursus online dan apa pun yang ingin kita ketahui dalam hitungan sepersekian detik kita langsung dipaparkan berbagai informasi yang kita butuhkan.

Manfaat Internet bagi Dunia Bisnis dan Pekerjaan

Kata belanja online bukan lagi kata yang asing bagi semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Berbelanja di toko online juga telah menjadi bagian dari aktifitas setiap orang.

Bahkan berdasarkan catatan dari global web indeks (dikutip dari databoks.katadata.co.id) Indonesia memiliki tingkat pengguna e-commerce tertinggi di dunia.

We Are Social merilis laporan yang menyebutkan bahwa 96 % pengguna internet pernah mencari produk atau layanan untuk dibeli secara online.

Dengan adanya internet, para penjual tidak lagi harus memiliki toko(berbentuk fisik) maupun ruko untuk memulai bisnisnya (meskipun sebenarnya ini penting untuk mendapatkan trust dari pelanggan) melainkan hanya dengan mendaftarkan bisnisnya pada situs e-commerce dia langsung bisa menjual produknya.

Atau bahkan dia dapat membuka situs web pribadi atau website e-commerce sendiri untuk kemudian menjual produknya atau berjualan menggunakan sosial media seperti facebook instagram, whatsapp dll.

Begitu pula dengan dunia pekerjaan sekarang yang banyak bergantung dengan internet, dalam pengiriman email, pencatatan pembelian, penjualan, penggajian, reqruitmen sekarang telah banyak menggunakan sistem sistem yang mengandalkan internet dalam operasinya.

Bukan hanya kepada pekerja, internet juga membantu para pencari kerja, selain untuk mencari kerja karena begitu banyak informasi lowongan pekerjaan yang disediakan disana, sebagai catatan, para calon pekerja harus ekstra hati-hati dalam mengambil lowongan pekerjaan secara online karena marak akan penipuan.

Internet juga memberikan peluang kepada para profesional atau para freelancer untuk menawarkan jasa mereka secara online.

Manfaat Internet pada hubungan sosial

Begitu banyak manfaat yang kita dapatkan melalui penggunaan internet. Bahkan dalam hal berhubungan dengan orang lain.

Dengan menggunakan jejaring sosial, jaringan pertemanan menjadi semakin luas. Kita dapat berteman dekat dengan orang yang keberadaannya bahkan berada di benua lain.

Teman-teman lama kita yang sempat tidak ada kabarnya hari ini dengan jejering sosial kita bisa berhubungan lagi dengan mereka.

Kita bisa semakin dekat lagi dengan komunikasi melalui jejaring sosial.

Manfaat internet sebagai sarana Hiburan

Internet begitu memudahkan/memanjakan penggunanya dalam hal mencari hiburan, main game misalnya, nonton film apa pun dengar musik apapun, membaca apa pun, melihat gambar apapun yang membuat kita terhibur nyaris semua tersedia disana dalam jaringan internet.

Bahkan hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan pun ada disana.

Dampak Negatif Internet

Meskipun begitu kaya akan manfaatnya tidak berarti tidak ada dampak negatifnya.

Sebenarnya internet ini bersifat netral, sama seperti sebilah pisau bila berada di tangan seorang koki dia akan menjadi benda yang begitu bermanfaat tetapi akan berbeda jika dipegang oleh seorang pembunuh.

Maksudnya, baik manfaat maupun dampak buruk dari internet sebenarnya bergantung pada siapa yang menggunakannya. Berikut ini akan dibahas Dampak negatif dari internet:

Penipuan

Bukan hanya didunia nyata, penipuan marak terjadi di dunia internet. Banyak kasus penipuan yang terjadi dengan memanfaatkan internet.

Biasanya dalam hal penipuan berkedok investasi bodong, penipuan pada platform penjualan online.

Oleh karenanya para pengguna harus ekstra hati-hati tetap cerdas dan jangan mau di iming-imingi harga murah atau pun keuntungan berlebih yang ujungnya palsu dan merugikan diri sendiri.

HOAX

Internet hampir penuh dengan informasi palsu, bohong atau informasi yang dibuat-buat yang tidak ada kebenaran di dalamnya yang sekarang akrab disebut HOAX.

Memanfaatkan teknologi internet sekarang yang semakin mudah dan cepat menjadikan informasi bohong tersebut dapat menyebar luas dalam hitungan detik.

Karena itu kita harus selalu hati-hati selalu cek dan cek lagi terhadap informasi yang kita dapatkan.

Konten yang tidak pantas

Kita harus bijak dalam menggunakan internet. Tidak dapat disangkal bahwa internet menyajikan akses terhadap semua informasi, apapun itu. Termasuk konten porno. Karena itu gunakan internet secara bijak.

Penutup

Hampir 60 Tahun Teknologi internet telah dikembangkan hingga sekarang ini telah mengalami begitu banyak perkembangan menjadi semakin canggih dan masih memiliki begitu banyak kemungkinan untuk semakin berkembang.

Internet telah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia sekarang ini.

Apa lagi didukung oleh kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat dan kaya akan inovasi menjadikan internet semakin hebat lagi.

Penting sekali bagi pengguna untuk memanfaatkan internet dengan baik, tidak melakukan hal-hal yang merugikan pihak mana pun.

Demikian artikel tentang internet yang berusaha disajikan selengkap mungkin.

Jika ada informasi yang belum lengkap atau belum di pahami silakan berkomentar dibawa.

Klik Share juga jika Anda mendapatkan informasi yang bermanfaat didalamnya.

Mari manfaatkan internet dengan bijak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here